Translate

Kamis, 13 September 2018

Bentuk dan Jenis Sumber Daya Alam

Indonesia kaya akan berbagai sumber daya alam. Potensi kekayaan sumber daya alam tersebut sangat terkait dengan keadaan fisik alam Indonesia yang memungkinkan terbentuknya beraneka ragam sumber daya alam. Iklim dan kondisi bentuk muka bumi yang beragam memberikan kemungkinan keragaman sumber daya alam yang ada di Indonesia.

Kekayaan sumber daya alam Indonesia pada kenyataannya tidak tersebar merata. Ada wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alam, ada juga yang sebaliknya. Setiap wilayah memiliki kekayaan alamnya sendiri yang tidak dimiliki oleh wilayah lainnya. Sebagian dari kekayaan alam tersebut dimanfaatkan sehingga memberikan dampak yang optimal bagi kesejahteraan penduduk.


A.    Pengertian Sumber Daya Alam


Sumber daya alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya.
B.     Bentuk-Bentuk Sumber Daya Alam
Potensi sumber daya alam Indonesia dilihat dalam beragam bentuk. Air, tanah, udara, batuan, hutan, bahan tambang, dan lain-lain merupakan bentuk-bentuk sumber daya alam.

Sumber daya alam dapat dikelompokan berdasarkan beberapa jenis, diantaranya :

1.      Kemungkinan pemulihannya
a.       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis. Contohnya: tumbuhan, hewan, air dan udara.
b.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lambat dalam waktu jutaan atau ratusan juta tahun. Contohnya : minyak bumi, gas alam, batu bara.
2.      Berdasarkan materinya:
a.       Sumber daya alam organik adalah sumber daya alam yang bahannya berupa jasad hidup. Contohnya : hewan dan tumbuhan.
b.      Sumber daya alam anorganik adalah sumber daya alam yang materinya berupa benda mati. Contohnya : tanah, batuan, gas alam.
3.      Berdasarkan habitatnya
a.       Sumber daya alam terestris adalah sumber daya alam yang berasal dari daratan. Contohnya: perkebunan, keramik, genteng, sawah
b.    Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang berhubungan dengan perairan. Contoh : sungai kapuas, danau toba, laut, air hujan, air sumur.


Pemanfaatan Sumber Daya Alam


Bauksit

Biasanya digunakan sebagai Bahan Dasar Aluminium. bermanfaat untuk industri logam, kimia, dan matulergi
lokasi penambangan : Riau (Pulau Bintan) dan Kalimantan Barat (Singkawang)


Nikel
bahan paduan logam : digunakan pada industri logam.
Lokasi penambangan : Soroako, Sulawesi Tenggara, Papua dan Maluku


Mangan
             Pembuatan besi baja, pembuatan baterai kering, keramik, gelas .
            Lokasi : Tasikmalaya (Jawa Barat), Kiripan (Yogyakarta), dan Martapura (Kalimantan Selatan).





Peta persebaran SDA di Indonesia
sumber : http://geoenviron.blogspot.com/2013/02/persebaran-barang-tambang-di-indonesia.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar