Translate

Senin, 30 Januari 2017

Membuat Papercraft Dari Model 3D Otomatis

Download Blender 3d
Download Pepakura Design


Iseng-iseng cari kerjaan di waktu luang. Membuat papercraft mungkin menjadi solusi yang mengasyikan. Pepercraft adalah seni membuat sebuah objek dari bahan dasar kertas, dengan cara menggunting, melipat dan menempel pola yang telah didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi bentuk yang kita inginkan.



Papercraft merupakan pengembangan dari seni origami. Beberapa model papercraft benar-benar menjadi seperti model aslinya, entah itu anime atau karakter yang lain.

kali ini Edukasi Sosial akan membagikan cara membuat papercraft dengan model buatan sendiri. Sebenarnya kalau mau cari di Internet juga banyak tuh pola papercraft yang siap dirakit. Lalu bagaimana membuat sebuah pola papercraft dengan mudah?

Berikut ini caranya:

Siapkan Alat dan Bahan :
1. Software pembuat objek 3D (boleh apa saja), saya menyarankan menggunakan Blender 3d karena selain ringan, software ini juga gratis . Link Download Blender 3d Klik Disini 

2. Software pembuat pola papercraft. Ini juga ada banyak jenisnya, saya menyarankan menggunakan Pepakura Designer. Klik Disini untuk Download. Software ini tidak gratis, meski dapat berfunsi dengan baik, hanya pola yang sudah dibuat tidak dapat dicetak karena membutuhkan kode aktivasi. Meski begitu masih dapat diakali kok..hehe..

Cara membuat pola:

1. Buat model di Blender 3d. caranya silakan googling aja. yang penting adalah, buat model seminimal mungkin mesh nya, paling mudah memang buat model robot(gundam etc), karena tidak ada lekukan dan bentuk yang kotak(bersudut) lebih mudah diaplikasikan.








ingat, buat modelnya yang masuk akal untuk dibuat pola yach...dan mudah untuk digunting-gunting. Memang butuh kreatifitas dan imajinasi.

2. Kalau sudah dibuat, tinggal eksport ke format : Wavefront (*.obj), 3D Studio (*.3ds), Collada (*.dae), karena ini yang support untuk pepakura dan yang bisa di eksport dari Blender 3d.

3. buka objek dengan pepakura, lalu otomatis, pola akan dibuat.



4. Terakhir, karena untuk cetak pola butuh kode aktivasi, maka silakan gunakan print screen dan paste di word (atau yang lain)

Untuk sekedar contoh, bisa coba download pola yang sudah jadi di www.papercraftsquare.com, atau Klik di  SINI.


Demikian cara membuat papercraft sendiri. Terimakasih.


4 komentar:

  1. Terlalu oversimplified ini... bisa tolong beritahu caranya yang lebih detail lagi? Terutama dalam pembuatan objek 3d-nya.
    Sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
  2. nice info gan...
    lok mau beli template papercraft yang keren2 bisa berkunjung ke paperbagus.com gan

    BalasHapus